20160626

[How To] Perpanjang Paspor di ULP Kelas I Bandung


Haduh, udah lama nggak nulis blog.

Sekarang aku mau sharing pengalaman perpanjang paspor sendiri (bener-bener sendiri T_T) di Bandung. Jadi sekarang di Bandung ada Unit Layanan Paspor (ULP) di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di gedung Bina Citra lantai 3. Jadi untuk yang lebih deket kesini nggak perlu ke KANIM Kelas I yang di jalan Surapati.

Jadi, aku perpanjang dengan cara walk-in, yaitu ngelakuin semua disana, mulai dari ambil nomer, isi formulir, foto, wawancara, cap jari, dan sebagainya. Padahal sekarang bikin paspor itu udah gampang, bisa secara online.

Asalnya mau secara online karena suwer itu mempermudah bgt. Semua berkas diisi di formulir online, jadi kesana tinggal ambil nomer dan wawancara serta foto. Cuman sayangnya, pas aku mau daftar online, pilihan Unit Layanan Paspor Bandung belum tersedia. Jadi satu-satunya cara ya dengan langsung datang kesana.

Aku sampai sana sekitar pukul 6.46 pagi. denger-denger, yang nomer 1 nya dateng sebelum jam 5 pagi. halah. baru sampe, aku langsung tulis nama dan nomer di selembar kertas polio. ternyata aku pemohon yang ke 93.

Oh iya, sekarang di semua kantor imigrasi punya sistem baru: pelayanan paspor berdasarkan waktu, bukan kuota. Jadi kalo dulu misalnya dibatasin sehari 200 orang, sekarang dibatasin jam 7.30-10.00 . artinya, pas udah jam 10.00 tapi masih ngantri dan belum dapet formulir, pemohon akan diminta datang keesokan harinya. Intinya sih datang lebih pagi lebih baik.

Jam 7.30 teng pintu kantor imigrasinya dibuka. Semua ngantri sesuai urutan nama yang tadi udah ditulis di kertas polio. Antriannya panjaaaang banget. Dan lamaaa banget. sempet khawatir ga kebagian formulir.

Pas antri, usahakan dokumen kita udah lengkap. Dokumen-dokumen tersebut akan aku jelasin di bawah nanti.

Sekitar jam 9, giliran aku untuk ambil formulir. Berkasku (yang aslinya) dicek oleh petugas, habis itu langsung dikasih formulir. Catatan, petugas itu ngecek berkasku gak ada 3 menit! lha yang bikin ngantrinya lama apaan ya? T_T

setelah itu, dikasih formulir dan juga nomer antrian. Saat nunggu antrian itu kita bisa isi formulirnya.
aku dapet antrian nomer 83. mana laper banget. sambil baca buku dan sesekali main game, akhirnya aku kebagian abis istirahat -_-

sekitar jam 1 aku dipanggil untuk interview. interviewnya gancil, cuman ttd sama ditanya-tanyain keperluannya apa. karena aku cuma perpanjang jadi engga masalah. setelah difoto, aku dikasih nota untuk pembayaran di bank BNI. Paspor bisa bayar hari itu juga atau besoknya. Paspor ngga akan diproses kalau belum ada pembayaran. Paspor bisa diambil 3 hari kedepan.

karena nggak pengen ribet harus ke bank lagi, akhirnya aku langsung cus ke bank BNI dan bayar di teller. Harganya 300 ribu plus 10 ribu buat biaya administrasi. harus bayar cash. setelah bayar, tinggal tunggu 3 hari lagi untuk ambil paspor di ULP yang tadi~

beberapa catatan penting:
1. Biaya pembuatan/perpanjang paspor yang habis masa berlaku Rp 300rb untuk 48 halaman. Tadinya mau bikin yg 24 halaman karena cuman 100rb, tapi kata petugas disana "gak bisa dek yg 24hlmn mah buat TKI"

2. Dateng sepagi mungkin (kecuali udah daftar online). Semakin pagi datengnya akan semakin cepet pulangnya.

3. Lengkapi berkas. WAJIB ASLI DAN FOTOKOPINYA.
- Kartu keluarga (pastiin udah ditandatangan, kemarin ada kasus KKnya belom dittd -_-)
- KTP
- Bukti domisili, kalo domisili ULP beda sama domisili KTP. Bukti domisili bisa berupa surat keterangan kerja atau kartu pelajar/kartu mahasiswa
- Akta kelahiran/ijazah/akta nikah, boleh pilih salah satunya
- Materai 6000, disaranin bawa dari rumah. disana ada yang jual tapi malah banget, bisa 10rb lebih dan ngantrinya edan-edanan :)

4. Disaranin jangan fotokopi disana. karena ya itu, mahal dan ngantrinya panjang

5. Bawa pulpen hitam. Form harus diisi pake tinta hitam dan huruf kapital.

6. Jangan pake baju non formal. Baju wajib formal. Jangan pake baju/kerudung warna putih nanti nyaru sama background

7. Pastikan nama di semua berkas sama. Misalkan ada perbedaan huruf atau singkatan, harus ada surat pengantar dari kelurahan.

8. Jangan buang/hilangkan resi pembayaran di bank. resi akan ditukar dengan nomer antrian pas paspor diambil.

9. Siapkan ekstra materai 6000 jika mau menyimpan paspor lama. Fungsinya nanti kita bakal disuruh isi surat pernyataan pas ambil paspor yang baru kalo mau nyimpen paspor yang lama.

hmm, kayaknya udah itu aja. ini pelajaran juga sih buat pribadi. pertama bikin paspor masih dianterin mama dan diantriin calo. sekarang udah gede, udah bisa ngurus apa-apa sendiri =)

0 komentar:

Post a Comment

 

Nothing is impossible Template by Ipietoon Cute Blog Design