20180504

[How To] Pengalaman Pertama Kali Pake Softlense!!

Halo!
mencoba berbagi pengalaman sedikit. Jadii gue itu punya minus tapi males banget pake kacamata. Emm sebenernya bukan males sih, tapi ya amlun gue keliatan jelek banget kalo pake kacamata dan kerudungan wkwkwkw

Jadilah gue tertarik buat make softlens. Sebenernya udah pengen pake dari jaman SMP (2010), cuman dilarang keras sama nyokap gue gegara gue anaknya jorok dan teledor. Secara pemakai softlens tuh kudu higienis dan telaten bgt buat lakuin segala ritual kebersihannya. Jadilah batal gue pake softlens dan bertahan di kacamata, yg dipakenya kalo lagi belajar di sekolah doang.

Nah, berhubung gue udah dewasa (??) gue memutuskan untuk coba pake softlens. Dengan segala kegakngertian gue tentang softlens, gue googling dan nanya nanya ke temen gue yang lama pake softlens. Dan disini mau gue rangkum beberapa hal yang musti diperhatiin buat klean klean yang baru pertama kali pakek softlens:

1. Pastikan kalian rajin!
Softlens itu suatu benda asing yang kontak langsung sama bola mata kita, dan bola mata kita tuh rentan banget sama bakteri dan kuman, makanya kenapa banyak sekali proteksinya kayak alis, bulu mata, kelopak mata. Kalau kalian mutusin buat pake softlens, kalian harus rajin banget nih. Rajin ganti air softlens, rajin cuci tangan pas mau masang atau nyopot softlens, rajin nyuci tempat softlensnya.

2. Pastikan kalian bersih!
Sama kayak rajin sih ini, kalian harus mastiin tangan kalian bener bener higienis pas mau bersentuhan sama softlens. Dan cairan paling higienis dalam dunia persoftlensan itu air softlens atau yang biasa disebut Solution. Air solution ini sangat aman buat membersihkan softlens kalian dan nggak perih di mata. Jangan cuci/rendam softlens pake air keran! karena di air keran itu banyak bakteri dan kumannya. Jangan juga pake sabun, nanti mata kalian perih.

3. Hal yang harus diperhatikan saat memilih softlens
ada beberapa istilah pada dunia persoftlensan yang mungkin kalian gak paham artinya. Pas kalian mau beli softlens, kalian pastiin dulu  ukurannya, apakah minus, plus, atau normal (plano). Habis itu kalian lihat, di setiap softlens akan mencantumkan keterangan Ukuran diameter, kecekungan, masa pakai, dan kadar air. Ini bakal gue jelasin ya maksudnya.

Diameter: ini adalah ukuran lingkar softlens. Ukuran diameter ini sangat beragam. Sebetulnya sih disaranin buat kalian cek dokter dulu buat tau ukuran diameter mana yang pas sama mata kalian. Cuman, kalo mager, kalian bisa ngira-ngira aja. Ukuran diameter 14.00mm sampe 15.00mm itu termasuknya kecil ke sedang, dan diatas itu besar.

Kecekungan:  yang ini gue gak begitu paham sih, intinya ukuran cekung di softlens itu sendiri. Gue kurang tau kecekungan ini akan berpengaruh kemana.

Masa pakai: ini adalah kadaluarsa dari softlens tersebut dari sejak segelnya dibuka. Masa pakai softlens ini beragam, ada yang cuma sekali pake, 3 bulan, 6 bulan, dan mungkin ada yang setahun juga kali ya. Kalo softlens kalian misalnya punya masa pakai 3 bulan, kalo udah 3 bulan softlens itu mesti dibuang dan jangan dipake lagi.

Kadar air: ini yang masih pro kontra. Di beberapa sumber, kadar air ini maksudnya kandungan air yang ada di softlens tersebut, sehingga semakin tinggi kadar airnya akan semakin bagus. Namun, di sumber lain, ada yang bilang kalau yang bener itu kadar air ukuran air yang akan diserap oleh softlens itu sendiri, sehingga semakin rendah kadar airnya akan semakin bagus. Softlens yang beredar di pasaran memiliki kadar air yang sangat beragam, dari 45% kadar air hingga 65% kadar air.

4. Yang harus dibeli bersamaan dengan softlens pertamamu
Ini yang mungkin dibutuhin buat klean yang bingung apa aja yang harus dibeli pas beli softlens pertama kali. Nih gue rangkum.

Yang pertama, kalian wajib kudu beli softlensnya..

Yang kedua, wajib beli air softlens/solution. Air ini biasanya dijual di tempat kalian beli softlens. Air ini murah kok, dan ukurannya beragam. Air solution ini kalo udah 6 bulan harus dibuang ya gengs.

Yang ketiga, Tempat softlens yang dapet capitan dan stick gitu. gatau namanya apaan hhh. Tempat softlens fungsinya adalah untuk menaruh softlens kalian ketika lagi ga dipake. Capitan dipakai untuk mengambil dan memegang softlens. DILARANG sentuhan langsung dengan softlens kalau tangan kotor ya. Stick kecil itu dipake buat masang softlensnya. Buat yang udah pro sih biasanya langsung pakek tangan yaa.

Keempat, obat tetes mata khusus lensa kontak. Obat tetes mata ini fungsinya untuk antisipasi kalau mata kalian kering/iritasi saat menggunakan softlens. dan menurut gue ini benda wajib sih, soalnya hampir mustahil pake softlens tanpa merasa kelilipan/kedebuan/mata ga enak. Obat tetes mata ini harganya beragam, dari 30rb-120rb.

Kayaknya udah ya, 4 item itu yang wajib kalian beli pertama kali.

5. Kalian harus hati hati
Iya, segala hati hati. Ngucek mata hati hati. Nangis hati hati. Jangan sampe ketiduran, hati hati. Jangan dipake naik motor tanpa kaca helm, hati hati. Jangan dipake buat masak/bbqan, hati hati. Jangan dipake berenang, hati hati. Pokoknya banyak. Kalian bisa browsing di internet hal hal yang gaboleh dilakuin pas lagi pake softlens.

Kayanya segitu dulu yang bisa gue share. Karena....lupa. Nanti kayanya gue update kalo ada yang inget. Dan juga nanti gue bakal bikin review softlens pertama gue...kayaknya. hahaha.
Kalau kalian ngerasa ada yang mesti ditambahin, atau mau sharing pengalaman kalian, boleh banget isi kolom komentar ya!

0 komentar:

Post a Comment

 

Nothing is impossible Template by Ipietoon Cute Blog Design